RENCANAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Nama
Sekolah : SD
Tema : Binatang
Kelas/Semester : III
/ 2
Alokasi
Waktu : 1 x 25 minggu
I.
Standar
Kompetensi :
·
Memahami unsure dan sifat bangun datar sederhana
·
Menghitung keliling, luas lingkaran, persegi dan
persegi panjang serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Bahasa Indonesia
·
Memahami cerita dan
teks drama anak yang dilaksanakan
Pendidikan Agama Islam
·
Membiasakan perilaku
terpuji
II. Kompetensi Dasar :
Matematika :
·
Mengidentifikasi
berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya.
·
Mengidentifikasi berbagai jenis dan besar sudut.
·
Menghitung keliling lingkaran, persegi dan persegi
panjang.
·
Menghitung luas lingkaran, persegi dan persegi
panjang.
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling,
luas lingkaran, persegi dan persegi panjang.
Bahasa Indonesia
·
Memberi tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman
teman yang didengar.
·
Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari
pembacaan teks drama anak yang didengar.
Pendidikan Agama Islam
·
Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan.
III.
Indikator :
Matematika
Produk
·
Menemukan
berbagai bangun datar menurut sifat dan unsurnya.
·
Menghitung keliling
lingkaran, persegi dan persegi panjang
·
Menghiting luas
lingkaran, persegi dan persegi panjang.
·
Menyelesaikan soal yang
berkaitan dengan mencari keliling, luas lingkaran, persegi dan persegi panjang.
Proses
·
Menunjukkan benda
berbentuk persegi.
·
Menunjukkan benda
berbentuk persegi panjang
·
Menunjukkan benda
berbentuk lingkaran.
Bahasa
Indonesia
Unjuk
kerja
·
Menirukan dialog drama dengan ekspresi yang tepat.
·
Menjawab pertanyaan.
Proses
·
Memberikan tanggapan
terhadap cerita pengalaman teman yang di dengar.
Pendidikan
Agama Islam
Unjuk
kerja
·
Menampilkan perilaku
penyayang terhadap binatang
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Matematika
Produk
Setelah
mendengarkan penjelasan guru dan tanya jawab siswa dapat mengelompokkan bangun
datar yang berbentuk persegi dan persegi penjang dengan benar.
Unjuk
rasa
Setelah
mengamati gambar gajah, mendengarkan penjelasan guru, dan tanya jawab:
1.
Siswa dapat menunjukkan
bangun datar berbentuk persegi dengan tepat.
2.
Siswa dapat menunjukkan
bangun datar berbentuk persegi panjang dengan tepat.
3.
Siswa dapat menunjukkan
bangun datar berbentuk lingkaran dengan tepat.
Bahasa Indonesia
Unjuk kerja
Setelah melihat dan mendengarkan drama, siswa dapat
menjawab pertanyaan sesuai drama yang diperankan dengan benar.
Pendidikan Agama
Islam
Unjuk kerja
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa
mempunyai sikap penyayang terhadap binatang.
V.
Materi Pokok Pembelajaran
Matematika : Bangun datar berbentuk lingkaran,
persegi dan persegi panjang.
Bahasa Indonesia : Menirukan drama anak tentang
binatang
Pend. Agama Islam : penjelasan tentang perilaku terpuji.
VI.
Metode Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
penugasan
VII.
Kegiatan
Pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/
Motivasi :
·
Mengecek
kelengakapn siswa setelah jam istirahat.
·
Menanyakan kabar
dan kesiapan siswa dalam belajar.
·
Siswa ditanyai telah
melakukan kegiatan apa saja ketika jam istirahat.
B. Kegiatan
inti :
Matematika
Eksplorasi
·
Siswa diajak
bertanya jawab tentang berbagai bangun datar
menurut sifat dan unsurnya
·
Siswa diajak bertanya
jawab tentang cara menghitung keliling lingkaran,
persegi dan persegi panjang.
·
Siswa diajak
bertanya jawab tentang cara menghitung luas
lingkaran, persegi dan pesergi panjang.
Elaborasi
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang bangun datar yang berbentuk lingkaran yang bentuknya
hampir sama dengan
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang benda yang berbentuk persegi yang bentuknya hampir sama
dengan
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang benda yang berbentuk persegi panjang yang bentuknya hampir
sama dengan
·
Siswa diberi kesempatan
bertanya.
·
Siswa dibentuk
kelompok.
·
Setiap kelompok
mendapat LKS dan Amplop yang berisi bangun datar berbentuk: lingkaran, persegi,
dan persegi panjang.
·
Bersama kelompoknya,
siswa mengelompokkan bangun datar berbentuk: segitiga, persegi panjang, dan
lingkaran.
Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Siswa secara bergantian
mempresentasikan hasil kerja kelompok, dan kelompok lain mendengarkan dan
memberi masukan.
·
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Siswa mengerjakan
evaluasi
Bahasa
Indonesia
Eksplorasi
·
Siswa diajak
bertanya jawab tentang cerita anak-anak.
·
Siswa diajak
bertanya jawab tentang cerita pengalaman
siswa.
Elaborasi
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang cerita anak “Bona dan Bonar”.
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang bermain drama.
·
Siswa diberi kesempatan
bertanya.
·
Siswa diberi kesempatan
untuk menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat sesuai dengan carita.
Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Siswa mengerjakan
evaluasi
Pendidikan
Agama Islam
Eksplorasi
·
Siswa diajak
bertanya jawab tentang berbagai perilaku
terpuji.
·
Siswa diajak
bertanya jawab tentang
Elaborasi
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang perilaku terpuji.
·
Siswa diberi kesempatan
bertanya.
·
Siswa diberi kesempatan
untuk menampilkan perilaku terpuji yaitu penyayang terhadap hewan.
Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Siswa mengerjakan
evaluasi
C. Kegiatan Penutup
·
Siswa bersama guru
membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
·
Siswa diminta untuk
mengerjakan lembar
evaluasi.
·
Siswa diberikan PR
/ tugas
VIII. Media
Matematika
Bahasa Indonesia
·
Cerita anak “Bona dan
Bonar”
IX.
Penilaian
Teknik
Penilaian:
Tes Lisan
(Saat apersepsi dan tanya jawab, melalui pengamatan)
Tes Unjuk
Kerja (Saat bermain peran, melalui produk)
Tes Tertulis
(Saat evaluasi dan hasil LKS, melalui prosuk)
0 komentar:
Posting Komentar