Pages

Senin, 17 Desember 2012

Contoh RPP Bahasa Jawa


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                  : SD
Mata Pelajaran                        : Bahasa Jawa
Tema                                       : Hiburan
Kelas/ Semester/ TH               : III/ II/ 2011
Alokasi Waktu                        : 8 x 35 (4 pertemuan)

A.    KOMPETENSI DASAR
Ø  Mendengarkan
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan, cerita teman, cerita rakyat, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegemaran

Ø  Berbicara
Mampu memahami cerita puisi dan drama serta dapat memberikan kesan, mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tatacara yang sopan dan santun secara lisan.

Ø  Membeca
Mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan tekhnik membaca bersuara, membaca indah, membaca cepat, dan membaca huruf jawa.

Ø  Menulis
Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam jenis karangan sesuai kaidah bahasa.

Ø  Apresiasi dan sastra
Mampu mengapresiasi sastra jawa, cerita rakyat, dongeng, geguritan, dan tembang macapat.

B.     INDIKATOR
a.         Memjawab pertanyaan sifat tokoh wayang pandhawa
b.         Menceritakan watak tokoh wayang
c.         Menjelaskan cara memainkan mainan mobil remot
d.        Membaca teks geguritan dengan intonasi, lafal dan penghayatan yang sesuai
e.         Menjelaskan isi geguritan
f.          Menuliskan pokok-pokok pikiran bacaan
g.         Menuliskan ringkasan teks becaan dengan kata-kata sendiri
h.         Menceritakan kembali isi dongeng
i.           Menyebutkan watak tokoh dalam cerita
j.           Menangkap isi cerita atau dongeng tentang wayang Pandhawa

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø  Siswa dapat menjawab pertanyaan sifat tokoh wayang Pandhawa
Ø  Siswa dapat menceritakan watak tokoh wayang
Ø  Siswa dapat membaca teks geguritan dengan lafal dan intonasi yang sesuai
Ø  Siswa dapat menjelaskan isi geguritan
Ø  Siswa dapat menuliskan pokok pikiran pada bacaan
Ø  Siswa dapat menuliskan ringkasan isi teks bacaan
Ø  Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng
Ø  Siswa dapat menyebutkan watak tokoh dalam cerita
Ø  Siswa dapat menangkap isi cerita atau dongeng

D.    MATERI POKOK
Ø  Bacaan tentang certa “Nakula Sadewa”
Ø  Memainkan mainan
Ø  Membaca geguritan
Ø  Menuliskan inti bacaan
Ø  Mengapresiasi cerita wayang Pandhawa

E.     METODE PEMBELAJARAN
Ø  Ceramah
Ø  Tanya jawab
Ø  Diskusi
Ø  Tugas

F.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
a.         Kegiatan awal
1)        Berdoa bersama dan dilanjutkan apersepsi, tanya jawab tentang nama tokoh wayang
2)        Guru menjelaskan manfaat materi yang akan dipelajari
b.         Kegiatan inti
1)      Para siswa mendengarkan cerita wayang Pandhawa
2)      Guru menyebutkan nama-nama satria pandhawa yaitu yudistira, werkudara, janaka, nakula, sadewa.
c.         Kegiatan penutup
1)      Guru mengevaluasi secara lisan tentang nama-nama tokoh satriya pandhawa
Pertemuan Kedua
a.       Kegiatan awal
1)      Berdoa bersama-sama dan dilanjutkan dengan apersepsi
2)      Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengulang materi yang lalu.
b.      Kegiatan inti
1)      Guru membacakan gegurutan dengan intonasi yang tepat
2)      Para siswa diamati oleh guru mencoba membaca geguritan
c.       Kegiatan penutup
1)      Para siswa harus membaca gegurutan satu persatu  didepan kelas
2)      Para siswa diminta bercerita tentang geguritan yang mereka baca
Pertemuan Ketiga
a.       Kegiatan awal
1)      Berdoa bersama-sama dan dilanjutkan dengan apersepsi
2)      Guru dan para siswa melakukan tanya jawab tentang tokoh wayang
b.      Kegiatan inti
1)      Guru memberikan bacaan “Raden Harjuna” pada para siswa dan diminta membacanya
2)      Siswa diminta menulis pokok pikiran pada cerita “ Raden Harjuna”
c.       Kegiatan penutup
1)      Guru memberikan pemantapan tentang materi pelajaran
2)      Guru memberikan pekerjaan rumah tentang cerita “Raden Harjuna” pada siswa
Pertemuan Keempat
a.       Kegiatan awal
1)      Berdoa bersama-sama dan dilanjutkan dengan tanya jawab mengulang materi yang lalu
b.      Kegiatan inti
1)      Guru menceritakan kembali tentang tokoh Pandhawa
c.       Kegiatan penutup
1)      Guru mengadakan evaluasi secara lisan tentang certa wayang Pandhawa

G.    SUMBER BAHAN DAN ALAT MEDIA



H.    PENILAIAN
Ø  Teknik penilaian   : tes tertulis
Ø  Bentuk tes                        : uraian
Ø  Contoh instrument :
1)      Cobo aranana jenegne satria pandhawa iku!
2)      Wacanen geguritan kanthi judul “wayah panen” terus ceritakno nganggo bahasamu dhewe!
3)      Ceritakno kanthi bahasamu dhewe cerito wayang Arjuna!
4)      Sapa mungsuh Pandhawa jroning perang “barata yudha”?
5)      Cobo ceritakno perang :barata yudha”!
Ø  Standar keberhasilan        : skor 20


Yogyakarta, 19 Desember 2011
Mengetahui


0 komentar:

Poskan Komentar